Monday, March 18, 2013

Sejarah Tentang OS Android Serta Jenis Versinya (eghooy main blog)

Rate this posting:
{[['']]}


Selama sore sobat Eghooy Main Blog kali ini saya akan mengulas Sejarah Tentang OS Android Serta JenisVersinya (eghooy main blog), dan lihat juga ya postingan saya sebelumnya Cara Me-Root Android Dengan Software SuperOneClick Terbaru (eghooy main blog) 
    Google dapat dikatakan sebagai pengembang Android, namun Android sendiri didirikan oleh Andy Rubin, Rick Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003. Dikutip dari Wired pada hari Kamis (4/10), ada sebuah wawancara dengan salah satu pendiri Android, yakni Andy Rubin. Diceritakan oleh Rubin, pada tahun 2005, Larry Page bertemu dirinya di lobi kantor pusat Google. Kata-kata pertama yang keluar dari mulut Rubin kala itu adalah "Apakah ini menarik bagi Google?".

Memang pertemuan itu bukan yang pertama kalinya, namun merupakan yang pertama setelah tiga tahun tidak bertemu. Saat pertemuan pertama Rubin dan kawan-kawan merencanakan membuat Smartphone bernama SideKick, Google belum menjadi perusahaan besar kala itu. Hubungan baik terus berlangsung dan Rubin mengajak bertemu Larry Page pada pagi itu. Rubin hanya berniat memamerkan Android yang dimilikinya.

Foto Presentasi Rubin pada Larry Page :



Foto Andy Rubin | Berita Informasi Terbaru dan Terkini

Pada awalnya Rubin melakukan presentasi bahwa ponsel pintar akan semakin menuai Popularitas. Namun yang disayangkan adalah industri mobile terjebak pada sistem yang tertutup. Android adalah solusi bagi semua ini, dimana platform mobile yang membawa semangat Open Source bisa diinstall oleh semua vendor ponsel. Menurut Rubin, Android akan memiliki semangat Linux namun akan sepopuler Windows.

Pada awalnya Rubin hanya menginginkan dukungan dari Larry Page dan Google, bukan menginginkan dukungan dana semata. Ia berpikir bahwa akan mudah mencari pendanaan jika ada dukungan dari nama besar seperti Google. Saat itu Rubin tidak hanya memberikan presentasi saja, namun juga mengeluarkan purwarupa ponsel Android.

Foto Keputusan Larry Page membeli Android :

Foto Larry Page | Berita Informasi Terbaru dan Terkini

Larry Page memegang Purwarupa tersebut dan mengutak atiknya. Ia tahu bahwa komputer PC secara perlahan akan tergantikan dengan perangkat mobile. Page berpikir bahwa ponsel pintar saat itu belum powerfull dan softwarenya berbeda-beda. Iklan dan layanan Google bisa jadi tidak akan tampil dengan baik di berbagai ponsel tersebut. Selain itu ditakutkan oleh Page bahwa ranah mobile akan dikuasai pesaing beratnya, Microsoft. Memang pada saat itu Windows Mobile sedang tumbuh sangat pesat. Sebagai eksekutif Google, Page pun harus bertindak cepat untuk mencegah kemungkinan seperti itu.

Ide Rubin dengan Android ini menarik perhatian Page. Pada akhirnya ia memutuskan tidak hanya mendukung Android bikinan Rubin dan kawan-kawan, namun justru membelinya secara keseluruhan. Rubin kala itu sangat terkejut namun juga sekaligus merasa senang sekali. Maka pada tahun 2005 bulan Juli, Google membeli Android dengan harga sekitar 50 juta dolar Amerika Serikat. Sontak dunia teknologi dipenuhi dengan spekulasi tentang apa yang akan Google perbuat dengan Android. Ada yang mengatakan bahwa kemungkinan Google akan membuat handset ponsel pintar sendiri, mengingat Apple mengeluarkan iPhone pada tahun 2007. Namun ternyata dugaan semua orang salah.


Pada Tahun 2008 inilah HTC Dream menjadi pencicip pertama Android versi 1.0 (Astro), dan pada Akhir tahun 2008 bergabunglah 14 perusahaan yaitu Vodafone, ARM holdings, Toshiba, Atheros, Asustek, Sony Ericsson, Garmin Ltd, PacketVideo dan Softbank.
Ditahun tahun tahun berikutnya munculah versi versi Android yang semuanya bernama makanan penutup diantaranya:

1-5cupcake.jpg


Android 1.5 (Cupcake)
( 30 April 2009 ) Basis Linux, UI dan kernel diperbarui 2.6.29. berjumlah fitur ditambahkan dalam OS ini Diantara adalah Widget yang dapat diperbesar.

1-6donut.jpg


Android 1.6 (Donut)
(15 September 2009) Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih bersahabat, di versi ini layar WVGA sudah disupportkan.

2-0eclair.jpg


Android 2.0/2.1 (Enclair)
(9 Desember 2009) Penambahan fitur yang dapat mengoptimalisasikan hardware di tambahkan pada fitur ini, disamping itu Ditingkatkan pula Google Maps,UI, browser HTML5.

android-icecream-picsay.jpg


Android 2.2 (Frozen Yogurt (Froyo)
(20 Mei 2010) Di OS ini peningkatan buka tutup aplikasi menjadi lebih cepat, selain itu SD card menjadi media penyimpanan aplikasi.

1302506674-android-ginger.jpg


Android 2.3 (Gingerbread)
(6 Desember 2010) Di versi ini Masksimalisasi Aplikasi dan game dilakukan, lalu NFC ( Near Field Communication ) mulai digunakan. Dan perbaikan layar WVGA juga sudah mulai diterapkan.

honeycomb-1-picsay.jpg


Android 3.0 (Honeycomb)
(22 Februari 2011) Di versi inilah desain pertama untuk Tablet digunakan dan penikmat pertama kalinya adalah Motorola Xoom.

ics-picsay.jpg


Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
(19 Ocktober 2011) Inilah versi Android High End yang dijual cukup mahal, karena Tergolong High End, banyak para low end mengeluh perihal ini, tapi Samsung Galaxy Pocket (low-end) adalah penikmat pertama yang merasakan versi asli dari vendor ini. Fitur yang ditambahkah pada versi ini sangat luar biasa diantaranya Face Unclock dengan pengenalan wajah, kendali pemantauan jaringan data, kontak jaringan sosial, perangkat tambahan berbasis fotografi, mencari email lewat offline, serta berbagi informasi lewat NFC.(saya pake yang versi ini sob).

android-4-1jelly-bean-pic.jpg


Android 4.1 (Jelly bean)
Nah inilah yang paling baru sob, keunggulan fitur-fitur barunya mulai ditambahkan pada versi ini, yaitu yang paling terkenal saat ini adalah Google Now yang memberikan suatu gambaran informasi yang tepat dalam suatu tempat.


Ini Dia Fitur-fitur Menarik di Android KitKat

Android 4.4 (KitKat)Sistem operasi (OS) yang ditunggu-tunggu, Android 4.4 KitKat akhirnya resmi diluncurkan. OS terbaru dari Google ini menghadirkan berbagai peningkatan, dan yang paling menarik dapat berjalan di semua perangkat berbasis Android. Android KitKat mampu dijalankan oleh perangkat yang memiliki memori RAM 512 MB ke atas. Itu berarti, berbagai perangkat Android baik yang low-end maupun high-end dapat menginstal generasi penerus OS Jelly Bean ini.


Kalau kita perhatikan urutan perkembangan OS Android itu sesuai Abjad yaitu: C,D,E,F,G,H,I,J,K (Inisialnya) tidak mungkin jika kebetulan kalo sampe berturut 9 gitu, maka kita bisa menyimpulkan sendri kalo OS selanjutnya berinisial L , apa ya kira kira?

sekian dulu semoga bermanfaat :)
Description: Sejarah Tentang OS Android Serta Jenis Versinya (eghooy main blog) Rating: 5 Reviewer: Ega Bagus Permadi ItemReviewed: Sejarah Tentang OS Android Serta Jenis Versinya (eghooy main blog)
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Tentang OS Android Serta Jenis Versinya (eghooy main blog) Silahkan baca artikel Eghooy Main Blog Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Tentang OS Android Serta Jenis Versinya (eghooy main blog) Sebagai sumbernya


Artikel Terkait:

Reactions:

3 comments:

Berkomentarlah Yang Bijak salam Eghooy Main Blog